Pemerintah luncurkan KUR khusus peternakan rakyat Rp 8,9 miliar

Penyalur KUR tersebut antara lain adalah, Bank Mandiri dengan total KUR khusus peternakan rakyat Rp 1,3 miliar. BRI menyalurkan KUR khusus peternakan rakyat sebesar Rp 3,2 miliar.

BNI menyalurkan KUR khusus peternak rakyat Rp 695 juta dengan tambahan Rp 4,5 miliar untuk bantuan pengembangan operasional Badan Usaha Milik Petani (BUMP). Bank Jawa Tengah pun turut menjadi penyalur KUR khusus peternak rakyat sebesar Rp 2,1 miliar dengan tambahan dana Rp 380 juta untuk pembiayaan sistem resi gudang.

Tidak hanya bank plat merah, terdapat pula bank swasta yang berkontribusi dalam penyaluran KUR khusus peternak rakyat. Bank Sinarmas menyalurkan Rp 1,3 miliar KUR khusus peternak rakyat.

KUR khusus untuk peternakan rakyat tersebut merupakan yang pertama disalurkan. "KUR khusus peternakan rakyat yakni KUR yang diberikan kepada peternak yang dikelola secara kelompok," terang Deputi Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir.

Selain itu peternak rakyat yang mendapatkan KUR khusus peternakan rakyat ini juga merupakan peternakan yang memiliki mitra usaha atau off taker. Iskandar bilang pemerintah tidak mematok alokasi tertentu untuk KUR khusus ini. Ia menerangkan selama ada permintaan dan layak maka akan dibiayai

Penyaluran KUR tersebut dilakukan untuk mendorong KUR di sektor produksi. Asal tahu saja saat ini pemerintah tengah menggenjot penyaluran KUR sektor produksi dikarenakan selama ini sektor perdagangan mendominasi KUR.

© 2018 Indo Livestock Expo & Forum organised by PT Napindo Media Ashatama. All Rights Reserved.