• seminar.jpg
  • visitor.jpg

Susi Siapkan Rp 3,73 Triliun untuk Infrastruktur Perikanan

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengalokasikan dana Rp 3,73 triliun untuk membangun sarana dan prasarana di sektor perikanan, sehingga konektivitas sektor perikanan antarpulau di Indonesia bisa terealisasi. Alokasi tersebut juga diharapkan sebagai stimulus atau pemancing agar investor swasta bisa lebih banyak terlibat dalam pembangunan sektor perikanan di Tanah Air. Dana tersebut bersumber dari anggaran KKP dalam APBN-P 2016 yang mencapai Rp 13,80 triliun.

 

Sejumlah proyek pengadaan sarana dan prasarana yang dibangun KKP tahun ini yang bernilai cukup besar di antaranya adalah pembangunan single cold storage berkapasitas 100 ton sebanyak 32 unit di bawah Ditjen PDSPKP senilai Rp 128,46 miliar, pembangunan ice flake kapasitas 10 ton sebanyak 21 unit di bawah Ditjen PDSPKP senilai Rp 52, 54 miliar, pengadaan pesawat patroli (patrol planes) sebanyak enam unit di bawah Ditjen PSDKP senilai Rp 246,03 miliar. Lalu, pekerjaan konstruksi dan pembelian kapal pengolah ikan sebanyak 1 unit di bawah Ditjen PDSPKP senilai Rp 123,29 miliar, juga pekerjaaan konstruksi gudang beku terintegrasi (integrated cold storage) skala kecil sebanyak 15 unit di bawah Ditjen PDSPKP senilai Rp 391,31 miliar.

Menteri KP Susi Pudjiastuti mengatakan, dalam menjalankan Nawacita keenam, yakni akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, KKP sebagai eksekutor terus berupaya memperkuat pertumbuhan perekonomian nasional, di antaranya dengan menjalin sinergitas dan kerjasama dengan negara lain untuk menjaring investasi di sektor KP. KKP juga menjalankan mandat Nawacita keempat, yakni pemberantasan IUU Fishing dan ketujuh yakni kedaulatan pangan dan pengembangan ekonomi maritim dan kelautan. “Itu dituangkan dalam visi dan misi KKP yaitu kedaulatan dengan misi pemberantasan IUU Fishing, keberlanjutan dengan misi kemandirian pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan, serta kesejahteraan dengan misi pemberdayaan, daya saing, kemandirian dan keberlanjutan usaha,” kata dia dalam keterangan resminya, Senin (11/1).

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, KKP tentunya membutuhkan keselarasan dan kerja sama dengan negara lain. Dalam menopang tugasnya, KKP fokus dalam melaksanakan tugas yang mendukung pelaksanaan ketiga misi tersebut dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 13,80 triliun tahun ini. Anggaran itu digunakan untuk memaksimalkan ketersebaran sumber daya sektor KP menjadi lebih baik, terutama dalam hal mengoptimalkan pengelolaan rantai pasok. “Saat ini infrastruktur yang tersedia dirasa masih kurang memadai. Untuk itu, KKP berkomitmen dalam memperbaiki konektivitas antar pulau via pesawat terbang, kapal, galangan kapal, industri pengolahan perikanan dan ice flake machine di Indonesia,” kata Susi.

sumber: http://www.beritasatu.com/ekonomi/340309-susi-siapkan-rp-373-triliun-untuk-infrastruktur-perikanan.html

Incorporating with

  • iddairy18.png
  • idfeed18.png
  • idfisheries18.png

Who's Online

We have 25 guests and no members online

Show Info

Date:   
4 - 6 July 2018

Venue:
Jakarta Convention Center, Jakarta - Indonesia

Visiting hours:    
10.00am - 6.00pm ( 4 - 5 July)
10.00am - 5.30pm ( 6 July)

© 2015 Indo Livestock Expo & Forum organized by PT Napindo Media Ashatama