Terpapar Antraks, Gunung Kidul Langsung Vaksin 11.616 Ekor Hewan Ternak

21 Januari 2020

Bisnis.com, GUNUNG KIDUL - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan vaksin dan pemberian antibiotik terhadap 11.616 ekor hewan ternak di tiga kecamatan yang terpapar antraks.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Bambang Wisnu Broto mengatakan pemberian antibiotik dibagi dalam dua zona, yakni zona merah dan zona kuning.

Pemprov Bali Petakan 25 Titik Peternakan Babi yang Beresiko Terkena African Swine Fever

27 Desember 2019

DENPASAR, KOMPAS.com  - Pemerintah Provinsi Bali telah memetakan 25 titik peternakan di Bali yang berisiko tinggi terhadap penularan demam babi Afrika atau African Swine Fever (ASF).

Sebab, 25 titik tersebut masih memanfaatkan pakan sisa atau limbah dari hotel, restoran, dan katering (horeka) yang dinilai membuat potensi penularan ASF tinggi.

Sampai November, Bogasari Ekspor 273.000 Ton Produk Pakan Ternak

27 November 2019

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bogasari Flour Mills (Bogasari) kembali melakukan ekspor produk sampingan gandum berupa white bran pellet dengan Filipina sebagai negara tujuan.

Dalam acara pelepasan yang digelar pada Rabu (27/11/2019), sebanyak 7.700 ton pellet dikirim dengan nilai US$1,5 juta atau setara dengan Rp21 miliar. Lewat pengapalan kali ini, total ekspor pellet ke Filipina sampai November tercatat mencapai 58.000 ton dengan nilai Rp158 miliar.

Produksi Daging Sapi Nasional Pada 2020 Diproyeksi Tumbuh 4,43 Persen

24 Desember 2019

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pertanian memproyeksikan produksi daging sapi akan meningkat pada 2020 kendati masih belum mampu memenuhi kebutuhan pasokan untuk dalam negeri.

Berdasarkan prognosis awal yang ditetapkan sejumlah kementerian dalam rapat terbatas, produksi daging nasional dipatok di angka 2,32 juta ekor atau setara dengan 422.533 ton daging. Volume produksi ini meningkat 17.943 ton atau tumbuh 4,43% dibandingkan produksi pada 2019 yang diproyeksi berjumlah 404.590 ton.

FAO : Indonesia Konfirmasi Wabah Demam Babi Afrika di Sumatra Utara

18 Desember 2019

Bisnis.com, JAKARTA – Organisasi Pangan Dunia (FAO) melaporkan bahwa wabah demam babi Afrika atau African swine fever (ASF) telah dikonfirmasi menjangkiti ternak babi di Indonesia. 

Dalam laporan rutin di situs resminya, FAO menyebutkan bahwa Kementerian Pertanian mengumumkan secara resmi terjadinya wabah tersebut di Provinsi Sumatra Utara pada Kamis pekan lalu (12/12/2019). Laporan awal menyebutkan kolera babi (hog cholera) sebagai penyebab kematian, dengan virus ASF masih dalam tahap indikasi.

KLHK Dalami Isu Kontaminasi Dioksin pada Tahu dan Telur Ayam

25 November 2019

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengirim tim untuk meneliti isu kontaminasi dioksin  pada telur ayam dan tahu sebagai dampak dari penggunaan bahan bakar produksi menggunakan sampah limbah plastik impor.

Akhir pekan lalu, tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang terdiri dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) bersama para ahli turun langsung ke Desa Bangun, Mojokerto, dan Desa Tropodo, Sidoarjo. Turut serta peneliti dari BPPT, Fakultas Teknik Kimia ITS, Universitas Airlangga, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo

Page 1 of 10

© 2018 Indo Livestock Expo & Forum organised by PT Napindo Media Ashatama. All Rights Reserved.