Kemendag Atur Harga Acuan Bibit Ayam

13 Februari 2020

Bisnis.com, JAKARTA — Dimasukkannya komoditas bibit anak ayam usia sehari (day old chick/DOC) ras pedaging dalam Peraturan Menteri Perdagangan terbaru yang mengatur harga acuan bahan pangan pokok dinilai pelaku usaha dapat memberi efek psikologis ke pasar.

Ketua Umum Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU) Achmad Dawami mengatakan bahwa rentang harga yang dipatok di angka Rp5.000—6.000 per ekor merupakan harga yang ideal. Kendati demikian, harga DOC ke depannya bakal tetap dipengaruhi oleh kondisi pasokan dan permintaan.

Terpapar Antraks, Gunung Kidul Langsung Vaksin 11.616 Ekor Hewan Ternak

21 Januari 2020

Bisnis.com, GUNUNG KIDUL - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan vaksin dan pemberian antibiotik terhadap 11.616 ekor hewan ternak di tiga kecamatan yang terpapar antraks.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Bambang Wisnu Broto mengatakan pemberian antibiotik dibagi dalam dua zona, yakni zona merah dan zona kuning.

Pemprov Bali Petakan 25 Titik Peternakan Babi yang Beresiko Terkena African Swine Fever

27 Desember 2019

DENPASAR, KOMPAS.com  - Pemerintah Provinsi Bali telah memetakan 25 titik peternakan di Bali yang berisiko tinggi terhadap penularan demam babi Afrika atau African Swine Fever (ASF).

Sebab, 25 titik tersebut masih memanfaatkan pakan sisa atau limbah dari hotel, restoran, dan katering (horeka) yang dinilai membuat potensi penularan ASF tinggi.

Peternak Mandiri Minta Pengawasan Pasokan DOC Diperketat

13 Februari 2020

Bisnis.com, JAKARTA - Para peternak ayam mandiri menyatakan pentingnya pengawasan pasokan dan permintaan demi menjamin harga bibit ayam (day old chick/DOC) yang sesuai dengan harga acuan.

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Jawa Tengah Pardjuni mengatakan tanpa adanya pengawasan yang ketat, kehadiran Permendag No.7/2020 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen. tidak akan bedampak signifikan terhadap pasar perunggasan nasional.

Produksi Daging Sapi Nasional Pada 2020 Diproyeksi Tumbuh 4,43 Persen

24 Desember 2019

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pertanian memproyeksikan produksi daging sapi akan meningkat pada 2020 kendati masih belum mampu memenuhi kebutuhan pasokan untuk dalam negeri.

Berdasarkan prognosis awal yang ditetapkan sejumlah kementerian dalam rapat terbatas, produksi daging nasional dipatok di angka 2,32 juta ekor atau setara dengan 422.533 ton daging. Volume produksi ini meningkat 17.943 ton atau tumbuh 4,43% dibandingkan produksi pada 2019 yang diproyeksi berjumlah 404.590 ton.

FAO : Indonesia Konfirmasi Wabah Demam Babi Afrika di Sumatra Utara

18 Desember 2019

Bisnis.com, JAKARTA – Organisasi Pangan Dunia (FAO) melaporkan bahwa wabah demam babi Afrika atau African swine fever (ASF) telah dikonfirmasi menjangkiti ternak babi di Indonesia. 

Dalam laporan rutin di situs resminya, FAO menyebutkan bahwa Kementerian Pertanian mengumumkan secara resmi terjadinya wabah tersebut di Provinsi Sumatra Utara pada Kamis pekan lalu (12/12/2019). Laporan awal menyebutkan kolera babi (hog cholera) sebagai penyebab kematian, dengan virus ASF masih dalam tahap indikasi.

Page 1 of 10

© 2018 Indo Livestock Expo & Forum organised by PT Napindo Media Ashatama. All Rights Reserved.